Salah satu klien dalam sebuah diskusi bertanya
kepada kami. “Seperti apakah even yang menarik terkait dengan promosi produk?”
Lalu saya balik bertanya. “Seperti apa
menurut Anda?”
Barangkali ada banyak perusahaan yang
menerapkan cara konvensional. Mengerahkan tenaga SPG yang cantik dan seksi lalu
berjibaku menyebarkan brosur atau sample. Tapi saya harus katakan itu adalah
cara yang lama.
Apa yang harus Anda lakukan adalah membuat
even Anda menjadi pemberitaan. Buatlah acara yang bisa menciptakan buzz marketing.
Jika Anda mempromosikan sabun, maka akan
menjadi kejadian yang mengejutkan jika SPG Anda lalu mandi dengan pakaian
lengkap menggunakan sabun dari perusahaan Anda. Atau, Anda bisa menyuruh SPG cantik mengendarai sepada
motor terbaru sembari menyebarkan sepanduk “terima kasih atas pembebasan
sandera”.
Jelas ini adalah even yang unik. Maka saya
pastikan akan ada saja orang yang akan mengabadikan hal tersebut. Lalu membagikannya
melalui media sosial.
Jadi buatkan even yang tidak biasa
yang mampu membuat orang tertawa, terperangah, menangis. Atau apapun yang bisa
memberikan efek emosional pada audiens Anda. Jangan hanya sekedar membuat calon
costumer Anda mengetahui tentang produk Anda namun juga memiliki kesan
tertentu.
Saya tidak hendak mengatakan bahwa cara-cara
konvesional itu tidak efektif. Tapi adakalanya kita perlu menciptakan even yang
menarik dan memberikan para audiens sesuatu untuk diceritakan. Seringkali
metoda ini tidak membutuhkan biaya yang besar namun dampaknya cukup signifikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar