Memasarkan Produk Melalui Seminar



http://blog.scriptosphere.com/wp-content/uploads/2014/09/Premium-Seminar-Promotions.jpg
Kami pernah menyelenggaran seminar sederhana yang cukup efektif mempromosikan sebuah produk pertanian. Dengan cara ini si perusahaan penyelenggara seminar bisa mendapatkan pelanggan potensialnya yang menjadi sumber pendapatannya saat ini.
Bagaimana triknya?
Langkah awal kami mengidentifikasi target costumer dari  produk milik perusahaan yang menggunakan jasa kami. Lalu yang kami lakukan adalah membuat seminar terkait sebuah tema umum yang sangat dibutuhkan.

Namun seluruh topik yang kami susun pada prinsipnya tidak serta merta mempromosikan produk. Jelas ini malah bisa berdampak buruk terhadap respek peserta terhadap perusahaan. Bisa saja mereka beranggapan telah mengikuti fake even.
Jadi materi yang sampaikan benar-benar bermuatan pengetahuan terkini. Namun secara bersamaan memberikan konteks mengapa produk dari sponsor itu bernilai.
Lalu kami membuat 2 sesi yang tidak langsung menjelaskan tentang produk tapi tentang “teknologi” yang terkait dengan produk. Jadi kami tidak mengangkat tema “Pupuk Hayati XYZ bermanfaat” tapi“Teknologi terkini Pupuk Hayati”. Meskipun kemudian pembicara dari perusahaan membahas panjang lebar tentang produknya.
Apa yang menarik dari seminar ini? Kami bisa menarik biaya registrasi peserta sehingga dana yang perusahaan keluarkan untuk menyelenggarakan seminar ini menjadi berkurang. Nah yang paling  menarik, perusahaan bisa mengumpulkan para calon costumer di satu tempat. Tentu saja pada acara tersebut perusahaan tidak segera berambisi untuk membukukan penjualan, melainkan untuk mendapatkan contact person sebanyak-banyaknya, untuk membangun komunitas pelanggan.
Pasca dari seminar itu, setelah setahun berselang, pemilik perusahaan menghubungi kami. Ia berterima kasih dan mengatakan bahwa sebagian besar peserta seminar kini telah menjadi kliennya. “Thank you for your advice”, katanya dari balik telepon.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar