Bagaimana Melakukan CSR yang Efektif



http://my.telegraph.co.uk/csrblog/files/2015/09/CSR.jpg
Saat ini konsumen tidak saja menyadari pentingnya layanan dari sebuah perusahaan. Namun juga image perusahaan terhadap lingkungan sosialnya. Perusahaan yang aktif melakukan kegiatan yang bernilai bagi masyarakat seringkali menjadi pilihan dari banyak costumer.
Sehingga mau tidak mau aktivitas Corporate Social Resposibility (CSR) adalah merupakan hal yang harus dilakukan sebuah perusahaan untuk dapat bersaing. Lalu pertanyaannya bagaimanakan cara melaksanakan CSR yang efektif?

Tentukan pesan yang ingin Anda sampaikan
Anda harus menentukan pesan yang ingin Anda sampaikan yang relevan dengan produk dan costumer Anda. Misalnya jika perusahaan bergerak di bidang perkebunan, maka Anda  bisa melakukan CSR di bidang lingkungan hidup, mengingat perkebunan sering dikaitkan dengan pengrusakan alam dengan pesan “Selamat alam kita”. Atau perusahaan Anda t erkait dengan peralatan sekolah maka Anda bisa melakukan CSR dengan fokus pada pemberdayaan guru-guru yang telah purnabakti dengan pesan “Hormat Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”.
Libatkan Costumer Anda
Anda bisa melibatkan pelanggan Anda untuk terlibat dalam kegiatan CSR Anda. Mereka bisa ikut dalam hal melakukan donasi atau terjun langsung dalam aktivitas sosial yang diselenggarakan perusahaan. Ini adalaha strategi yang tepat untuk meningkatkan kedekatan perusahaan dengan pelanggannya.
Lakukan Secara Otentik
Setiap kegiatan yang Anda lakukan sebaiknya harus mewujudkan sebuah output yang terukur. Tidak semata-mata even yang dilakukan untuk mendapatkan publikasi. Tetapkan apa yang ingin dicapai dari kegiatan tersebut dan bermanfaat bagi masyarakat, wujudkan lalu ukur.
Sharekan Kegiatan Anda
Dalam kaitan pengembangan brand maka Anda perlu mengsharekan kegiatan Anda kepada shareholder atau pelanggan Anda melalu media massa atau media sosial. Tentu ini tidak semata-mata sebagai bagian dari pencitraan perusahaan, namun untuk menginformasikan bahwa Anda menggunakan keuntungan yang Anda dapatkan dari pelanggan Anda untuk hal-hal yang positif. Atau aktivitas perusahaan sesuatu dengan harapan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar