Saat ini konsumen tidak saja menyadari
pentingnya layanan dari sebuah perusahaan. Namun juga image perusahaan terhadap
lingkungan sosialnya. Perusahaan yang aktif melakukan kegiatan yang bernilai
bagi masyarakat seringkali menjadi pilihan dari banyak costumer.
Sehingga mau tidak mau aktivitas Corporate
Social Resposibility (CSR) adalah merupakan hal yang harus dilakukan sebuah
perusahaan untuk dapat bersaing. Lalu pertanyaannya bagaimanakan cara
melaksanakan CSR yang efektif?
Tentukan pesan yang ingin Anda sampaikan
Anda harus menentukan pesan yang ingin Anda
sampaikan yang relevan dengan produk dan costumer Anda. Misalnya jika
perusahaan bergerak di bidang perkebunan, maka Anda bisa melakukan CSR di bidang lingkungan hidup,
mengingat perkebunan sering dikaitkan dengan pengrusakan alam dengan pesan “Selamat
alam kita”. Atau perusahaan Anda t erkait dengan peralatan sekolah maka Anda bisa
melakukan CSR dengan fokus pada pemberdayaan guru-guru yang telah purnabakti
dengan pesan “Hormat Pahlawan Tanpa Tanda Jasa”.
Libatkan Costumer
Anda
Anda bisa melibatkan pelanggan Anda untuk
terlibat dalam kegiatan CSR Anda. Mereka bisa ikut dalam hal melakukan donasi
atau terjun langsung dalam aktivitas sosial yang diselenggarakan perusahaan. Ini
adalaha strategi yang tepat untuk meningkatkan kedekatan perusahaan dengan
pelanggannya.
Lakukan Secara Otentik
Setiap kegiatan yang Anda lakukan sebaiknya
harus mewujudkan sebuah output yang terukur. Tidak semata-mata even yang
dilakukan untuk mendapatkan publikasi. Tetapkan apa yang ingin dicapai dari
kegiatan tersebut dan bermanfaat bagi masyarakat, wujudkan lalu ukur.
Sharekan Kegiatan Anda
Dalam kaitan pengembangan brand maka Anda perlu mengsharekan kegiatan
Anda kepada shareholder atau pelanggan Anda melalu media massa atau media
sosial. Tentu ini tidak semata-mata sebagai bagian dari pencitraan perusahaan,
namun untuk menginformasikan bahwa Anda menggunakan keuntungan yang Anda dapatkan
dari pelanggan Anda untuk hal-hal yang positif. Atau aktivitas perusahaan
sesuatu dengan harapan pelanggan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar